12/04/20

Kisah Lahan Angker Mencari Tuan di Bekasi

Nama gue, sebut saja J. Gue memiliki bisnis pengembangan rumah dan lahan kecil-kecilan. Kenapa gue sebut kecil-kecilan? Karena gue hanya mengincar lahan-lahan kecil, di bawah 5.000 meter persegi untuk gue bikin perumahan minimalis atau cluster, yang lakunya cepet, jadi duit gue bisa cepet balik.

Tapi bukan itu yang mau gue ceritain. Alkisah, gue hendak membangun cluster di sebuah wilayah di Jatiasih, Kota Bekasi. Kalau ada warga Jatiasih di sini, pasti tahu jalan tembusan dari perumahan di pinggir jalan raya Jatiasih ke Cikunir. Nah, di area situ ada lahan luas 4.750 meter persegi. Di sana ditumbuhi pohon mangga yang lebat-lebat, ada juga pohon rambutan dan nangka. Tapi yang bikin warga heran, pepohonan itu gak pernah berbuah.

Gue membeli lahan ini sejak 2007 dengan harga yang lumayan murah, padahal kompensasi tanah di sana sangat tinggi. Jatiasih merupakan wilayah yang amat berkembang, apalagi di Cikunir. Keluar Jalan Raya Cikunir arah utara, kita bisa berjumpa dengan tol Jatibening. Ke arah selatan, berjumpa dengan tol JORR yang menghubungkan ke berbagai wilayah. Bayangin kalau gue bikin cluster. Sudah pasti langsung full booked karena memang kawasan ini idola banget. Tapi sudah 12 tahun tanah tersebut tidak gue kelola lantaran ada sesuatu yang gak bisa gue pahami pakai logika. Jangan baca cerita gue sendirian, ya. Pastikan itu.

Jadi, awal mula gue bertemu tanah ini lagi jalan-jalan di malam hari. Gak malam-malam banget, sekitar pukul 20.30 WIB namun hanya segelintir orang yang masih beraktivitas. Jalan sudah diterangi dengan lampu, namun lampu di depan lahan ini tidak menyala.

Gue parkir mobil di pinggir, dekat dengan lahan yang dikelilingi pagar bambu. Sumpah, gue clingak-clinguk, gak satu pun warga bisa gue minta keterangan. Di sana banyak kontrakan, tapi semua pintu ditutup. Ya gak mungkin juga gue gedor-gedor. Udah malam pula, takut gak sopan.

Gue melihat-lihat lahan yang gelapnya gak kira-kira. Gue ambil senter di mobil, tapi cahaya senter gue gak menembus kegelapan di lahan tersebut. Padahal senter gw yang kualitasnya bisa dipakai dalam pertambangan dengan cahaya tembus hingga 100 meter, lho. Gak nyombong, tapi senter itu seolah gak berfungsi ketika menyorot ke dalam lahan. Malah sinarnya agak redup dan lama-lama senter gue mati dong!

Jujur aja, gue langsung merasa merinding saat senter gue gak bisa nyala. Jantung gue deg-degan gak karuan. Gue baca-baca doa semampu gue, tapi lantaran ibadah juga bolong-bolong, auto kayaknya doa gue gak terpakai. Masih merinding dan deg-degan. Sesaat hendak memutuskan naik mobil dan cabut, dari kejauhan sayup-sayup gue denger tukang jualan nasi goreng. Syukurlah, ketakutan gue mereda. Sekalian gue mau beli nasi goreng walau gak lapar-lapar amat, tapi gue mau tanya-tanya soal lokasi tersebut.

Tukang nasi goreng sudah berjarak sekitar 20 meteran dari gue. Ternyata ada salah satu warga yang manggil. Behentilah dia di depan rumah warga tersebut. Udah kayak disiapin Tuhan, ya. Di saat gue butuh info soal lahan ini, malah ada warga yang keluar. Mending gue samperin deh.

Misi pak, saya J, saya dari Tebet. Maaf ganggu. Saya mau cari lahan untuk ngembangin cluster. Saya tertarik dengan lahan yang ini (gue tunjuk ke arah lahan gelap itu). Kira-kira siapa ya yang punya, gue sambil kasih senyum paling manis.

Sebut saja namanya Pak Dudung, dia memandangi gue dari atas sampai bawah. Lalu dia pandang-pandangan tanpa senyum dengan tukang nasi goreng.

Ngeliat peristiwa begitu, gue langsung salah tingkah. Kayak ada yang kurang beres dan gue gak ngerti bagaimana mencairkan suasana tersebut. Tukang nasi goreng melanjutkan masaknya. Masuk saja dulu ke dalam, atau mau duduk di teras, nanti saya ceritakan. Sebentar, saya ganti baju dulu, ujar Pak Dudung yang cuma pakai kolor dan singlet

Duh, gue jadi gak enak. Mungkin niatnya Pak Dudung udah mau leha-leha selonjoran depan TV, malah nerima tamu.

Engga usah, pak. Gak apa-apa. Takutnya ngerepotin, kata gue

Gak apa-apa. Mari silahkan, ucap Pak Dudung.

Di teras aja ya, pak, lanjut gue dan dia pun mengiyakan.

Tukang nasi goreng lanjut masak. Tapi gelagatnya ingin ikut nimbrung. Ah, bodo amat deh. Gue melangkahkan kaki ke teras Pak Dudung.

Ada cermin ukuran sedang di atas rumah Pak Dudung. Gue gak ngerti gunanya apaan. Cuma unik aja sih buat gue. Siapa juga yang mau ngaca di situ, ye kan.

Pak Dudung sudah memakai sarung, baju kemeja kayak kemeja jawara-jawara Betawi. Perawakan Pak Dudung gak terlalu tinggi, badannya agak gemuk dengan tato titik tiga di tangan deket jempol dan telunjuk. Pak Dudung ke teras sambil bawa air putih segelas. Istri saya sudah tidur. Maaf nih cuma air putih, ujar Pak Dudung.

Jangan repot-repot, pak, kata gue.

Nasi goreng pesenan Pak Dudung sudah selesai dibuat. Dia mengambil lalu membayarnya dan dibawa ke dalam.

Pengen nawarin, duit saya pas nya buat sepiring, doang, ujar Pak Dudung nyengir. Gue ikutan nyengir sambil bilang gak usah repot-repot sekali lagi.

Tukang nasi goreng itu berlalu. Kembali keliling barangkali. Sekarang di hadapan gue cuma Pak Dudung yang memandang ke segala penjuru arah. Ngeliat dia berperilaku demikian, gue salting lagi. Lalu Pak Dudung menatap gue tajam.

Adek sudah cari tahu sebelumnya soal tanah itu? tanyanya dengan mata agak dipicingkan.

Belom pak, ini mau cari tahu dari bapak, kata gue.

Kenapa ke sini malam-malam? tanya Pak Dudung lagi.

Sebenernya gue udah sejak siang keliling Kota Bekasi cari lahan yang mumpuni. Tapi baru ketemu malam ini lantaran nanya-nanya, wilayah Bekasi mana yang strategis aksesnya. Akhirnya pencarian gue hari itu untuk sementara berhenti di Cikunir. Gue ceritain semuanya ke Pak Dudung. Lama banget kalo gue tulis di sini

Pak Dudung ngangguk-ngangguk

Jadi gini, dek. Bukan cuma adek yang mengincar tanah itu. Udah jutaan orang. Jutaan pengembang. Tapi percayalah, gak satu pun yang bisa ngebangunnya. Tanah itu emang gak mau dibangun kayaknya. Di sana ada 'kehidupan' yang gak bisa adek lihat. Para penghuninya bakal marah besar kalau ada yang mencoba untuk ngebangun, kata Pak Dudung serius. Gue agak merinding sih, tapi demi bisnis, gue gak peduli. Lahan-lahan lain yang pernah gue beli ada kok cerita kayak gini, namun semuanya berakhir baik.

Tapi kalau adek memang berniat membelinya dan tetap ingin membangunnya, tidak apa-apa. Yang punya namanya Haji A. Saya bisa pertemukan adek sama dia kalau mau. Pemilik langsung. Tapi belum tahu ya dijual atau tidaknya. Ini nomor teleponnya, Pak Dudung ke dalam rumah lalu mengambil hape jadul miliknya mencari nomor kontak Haji A.

Gue segera menulis nomor telepon dan berniat menghubungi Haji A besok siang. Gak pake basa-basi, langsung saja gue pamit ke Pak Dudung karena hari udah malam banget

Esok siang, sekitar jam 11.00 WIB, gue menelepon Haji A. Semesta udah kayak mendukung gue, langsung diangkat dong telepon dari gue.

Misi pak, dengan Pak Haji A. Saya J, saya semalam lihat tanah di Cikunir, bla bla bla. Saya niat mau beli, kira-kira dijual gak, pak?

Dari seberang telepon Haji A langsung menyuruh gue menemuinya di Bandung. Sekarang dia tinggal di sana. Haji A juga sama-sama pengembang kayak gue, tapi dia lebih kenceng bisnisnya dan main lahan-lahan gede juga pabrik. Setelah Haji A memberikan alamatnya, gue langsung meluncur hari itu juga ke Bandung

Gue sampai di Bandung sekitar pukul 17.00 WIB plus nyari-nyari alamat Haji A di Cicadas, Bandung. Dia menyambut gue dan langsung mempersilakan gue duduk. Kue-kue sudah berjejer rapi di atas meja lengkap dengan air mineral. Sebentar ya, saya lagi pesan makanan. Kesian datang jauh-jauh dari Jakarta, kata Haji A

Kali ini gue cuma nyengir karena memang gue laper berat. Sementara menunggu makanan, Haji A ikutan duduk sambil basa basi soal perjalanan Jakarta - Bandung. Sekitar setengah jam basa basi, pesanan makanan sudah datang. Dia mempersilakan gue untuk makan. Kami makan bareng, mesra banget elah.

Kelar menyantap nasi plus ayam goreng tepung, Haji A mulai tanya kenapa gue tertarik dengan lahannya. Belum gue jawab, dia nanya lagi apakah gue sudah tahu sejarah lahan tersebut.

Gue cerita soal semalam ketemu Pak Dudung. Haji A cuma manggut-manggut. Intinya ada hal-hal mistis atau tidak, gue tetep naksir lahan tersebut dan gue yakin bakal untung gede. Haji A cuma nyengir.

Sudah tahu di situ ada rumah, sumur, dan kuburan? tanya Haji A. Gue menggeleng karena Pak Dudung emang gak ngasih tau. Lagipula gue datang kesitu malam dan kebun itu tertutup sama rindangnya dedaunan pohon yang jejeran rapi. Setelah saya kasih tahu, masih mau beli? Tanyanya lagi. Gue mengangguk. Peduli demit sama konsekuensinya nanti, yang jelas biar lahan ini jadi milik gue dulu.

Senyum Haji A berangsur-angsur menghilang, dia menghela nafas. Dia bangun dari kursi dan menuju ke ruangan lain, lalu kembali ke ruang tamu sudah membawa sertifikat tanah. Bayar aja setengah dari harga pasaran. Terus terang saya sudah menyerah membangun lahan itu. Buldozer yang dikerahkan, truk-truk semua pada gak berfungsi. Sampai buldozer saya harus diangkut truk besar karena gak bisa nyala lagi, cerita Haji A.

Agak-agak ragu jadinya, tapi ragu tersebut luntur sebab hawa nafsu menggebu yang ingin segera mengolah lahan itu. Apalagi prosesnya cepet banget. Haji A benar-benar mempercayakan sertifikat aslinya untuk gue bawa langsung dan diverifikasi di Badan Pertanahan Nasional di Kota Bekasi. Saya melihat kesungguhan niat adek J. Ngapain kalau gak niat beli jauh-jauh sampai kemari. Bawa dulu, verifikasi, udah selesai, tinggal bayar setengah, adek bisa langsung ganti nama, ujar Haji A lagi

Buset, gue makin semangat.

Udah kelar ini itunya, tibalah hari yang dinanti-nantikan. Ya, lahan itu sudah milik gue sepenuhnya. Dua minggu setelah balik nama, sore hari, tepatnya di Jumat, Oktober 2007, gue habiskan waktu berjalan-jalan di lokasi lahan. Ada sebuah rumah yang udah rusak banget. Rumah kecil, hanya ada ruang tamu, satu kamar tidur, dan kamar mandi. Gue masuk ke rumah tersebut dan beberapa tikus melompat keluar. Mendadak gue merinding parah, hawa yang tadinya bau kayu lapuk, pelan-pelan berubah jadi anyir darah. Wah, ada yang gak bener nih, pikir gue. Gue segera beranjak keluar. Saat gue melewati pintu utama rumah, tiba-tiba tangan kiri gue seperti ada yang menggenggam dan meremas! Kaku dan kesemutan hebat. Bulu kuduk gue udah gak ngerti lagi diskonya kayak apa. Gue terdiam sejenak sambil baca doa apa pun yang gue ngerti. Pelan-pelan tangan gue berangsur normal, tapi leher gue jadi pegel. Mata gue agak kabur. Gue Berusaha keluar untuk menghirup udara segar. Berhasil.

Waktu mendekati maghrib. Kata orang, sebaiknya gak cari perkara dengan waktu ini. Tapi gue seolah gak peduli. Gue gak mau semua takhayul ini membuat lemah. Gue pun melangkah mendekati sebuah sumur tua, gak berapa jauh dari rumah rusak. Sekitar lima langkah lagi gue sampai ke bibir sumur, tiba-tiba di atas kepala gue ada yang jatuh. Gue ambil, 3 helai rambut yang panjangnya setinggi badan gue. Seketika gue langsung lemes, bulu kuduk gue udah gak karuan. Padahal langit sore masih terang, tapi di dalam lahan seolah ada kegelapan yang gue gak bisa jabarkan. Rambut itu pun gue buang ke tanah, bersamaan dengan timbul wangi melati. Shit! Mending gak dilanjutin deh kalo begini. Gue pun bergegas balik arah. Sumur itu urung gue dekati. Gue bermaksud kembali menjelajahi tempat ini esok paginya

Sabtu siang ceria, wilayah sekitar situ rame. Apalagi sedang ada festival burung yang digelar dekat lahan. Matahari udah paling menyengat. Harusnya gue gak ada kekhawatiran, tapi entah, lahan itu memang misterius. Gak terlalu banyak angin, tapi memasuki perkebunan itu, hawa dingin mulai menyergap. Gue liat orang-orang bersorak-sorai di arena pertandingan burung, gak ada yang peduli dengan lahan ini.

Oia, gue lupa cerita. Pak RT setempat sempat mencegah gue membeli lahan tersebut, tapi setelah gue cerita kalo gue siap menanggung risikonya, beliau jadi angkat tangan. Entah kenapa sore itu gue pengen ketemu pak RT yang puluhan tahun tinggal di wilayah tersebut. Gue minta ditemenin ngeliat sumur dan kuburan.

Namun aneh, Pak RT gak mau dan menyuruh gue untuk ke sana sendiri aja. Usut punya usut, Pak RT ternyata sudah pernah menantang penghuni situ dan satu-satu keluarganya meninggal secara misterius. Aduh, mampus, lho. Saya saranin mas J mending cari yang tersakti di antara yang sakti karena penghuni situ gak main-main, tutur pak RT

Duh, gue udah mulai berpikir kalau membeli lahan itu adalah kesalahan. Itu gue belum mulai ngebangun, lho. Okelah, coba besok gue datengin buldozer untuk ngeratain pepohonan. Gue minta izinnya sama pak RT dulu, mungkin warga bakal keributan suara buldozer.

Mending coba tebang satu pohon dulu. Pakai gergaji mesin aja dulu. Hebat kalo bisa. Kalo satu pohon sudah terpotong, silahkan potong pohon lainnya, Pak RT tersenyum penuh arti.

Nyali gue makin ciut. Gue coba ikutin saran Pak RT ketimbang datengin buldozer, sudah bayar mahal tapi mangkrak. Esok harinya, Minggu, Mang Aep, tukang bangunan yang sudah puluhan tahun kerja sama bapak gue dan akhirnya gue, membawa gergaji mesin untuk merubuhkan salah satu pohon mangga. Pohonnya paling dekat dengan pagar bambu. Gue ceritakan kepada Mang Aep kalau semua pohon berpenghuni. Hati-hati Mang, kata gue.

Mang Aep cuma bilang kalo dia takutnya sama Tuhan. Gue awalnya agak lega dengan perkataan Mang Aep, apalagi Mang Aep salatnya rajin, gak kayak gue. Sampai akhirnya, dia menyalakan mesin gergaji dan mulai memotong batang utama mangga, tak diduga, malah gergajinya yang terpotong jadi dua bagian! Satu bagian mental ke arah tangan Mang Aep dan hampir putus, sementara gergaji yang dekat mesinnya jatuh ke kaki!

Gue histeris karena seumur-umur Mang Aep motong pohon, baru kali ini kejadian yang tak lazim dan hampir merenggut nyawanya. Dalam kepanikan gue disuruh warga menghubungi rumah sakit terdekat. Syukurlah di situ ada rumah sakit yang hanya berjarak 10 menit. Mang Aep cepat mendapat pertolongan pertama.

Gergaji itu langsung rusak parah dan anehnya batang pohon itu sama sekali tak ada yang terkelupas. Mulus kayak pohon yang belum diapa-apain padahal sempat terkena gergaji sedikit. Gue bener-bener gak habis pikir.

Senin, gue mendatangi Pak RT dan memberi tahu insiden tersebut. Pak RT cuma manggut-manggut. Saya sudah gak kaget mas J. Saya kaget kalo pohon itu bisa ditebang. Tapi ternyata gak bisa. Saya sudah kasih tau dari awal. Penunggu situ gak sembarangan. Coba minta izin. Malam Jumat, jam 12 malam, bawa aja beberapa benda.

Bunga kuburan, kemenyan jumlahnya 3 biji, air mawar, kopi item pahit, ayam cemani yang sudah dipotong tapi ditampung darahnya. Ayam cemaninya biarin aja dalam keadaan bangkai. Darah ayam cemani ditaruh di atas mangkok tanah liat, ya. Taruh semuanya di atas tampah. Dekatkan di sumur. Ingat, jangan ngeliat ke dalam sumur. Bersimpuh depan sumur, pejamkan mata, dan ucapin mantra ini (dia nyebutin mantra tapi gak mau gue tulis karena takut disalah gunakan sama orang lain). Ingat, apa pun yang terjadi, jangan buka mata, ya. Sampai benar-benar azan subuh, ucap Pak RT.

Kalau saya gak ngelakuin, gimana, pak? tanya gue.

Ya gak masalah, tapi tanah itu terbengkalai begitu saja, sama persis dengan pemilik-pemilik sebelumnya, ucap pak RT.

Sia-sia duit yang gue keluarin dong kalau seperti itu. Duh, gue dilema berat. Akhirnya gue mencoba menyanggupi syarat Pak RT. Itu pula yang dia lakukan untuk menghentikan kematian misterius kerabatnya gara-gara nantangin penghuni tersebut. Eh, tapi gue kan gak nantangin, yak. Sama saja, kata Pak RT.

Ya sudah, gue ikutin.

Kamis, malam jumat, jam 22.30 WIB. Suasana tempat itu udah bener-bener suram banget. Gelap, gak ada orang, gak satu pun mahluk bernama manusia yang gue temui. Gue bener-bener merinding karena gue gak ngerti siapa yang gue hadapi. Pelan-pelan gue masuk ke lahan dengan membawa semua persyaratan yang dianjurkan pak RT. Baru sekitar 11 langkah, tiba-tiba gue mendengar suara ketawa pelan dan lirih. Ketawanya gak cuma satu tapi banyak, seperti sahut-sahutan. Anj*r. Gue gemeteran hebat. Gue gak sanggup nerusin langkah. Pas gue balik badan, WTF! Tukang nasi goreng yang gue jumpai di awal, ada di depan muka gue. Kapan datengnya gue gak denger. Seketika gue langsung melihat ke arah kaki

Ya gak masalah, tapi tanah itu terbengkalai begitu saja, sama persis dengan pemilik-pemilik sebelumnya, ucap pak RT.

Sia-sia duit yang gue keluarin dong kalau seperti itu. Duh, gue dilema berat. Akhirnya gue mencoba menyanggupi syarat Pak RT. Itu pula yang dia lakukan untuk menghentikan kematian misterius kerabatnya gara-gara nantangin penghuni tersebut. Eh, tapi gue kan gak nantangin, yak. Sama saja, kata Pak RT.

Ya sudah, gue ikutin.

Kamis, malam jumat, jam 22.30 WIB. Suasana tempat itu udah bener-bener suram banget. Gelap, gak ada orang, gak satu pun mahluk bernama manusia yang gue temui. Gue bener-bener merinding karena gue gak ngerti siapa yang gue hadapi. Pelan-pelan gue masuk ke lahan dengan membawa semua persyaratan yang dianjurkan pak RT. Baru sekitar 11 langkah, tiba-tiba gue mendengar suara ketawa pelan dan lirih. Ketawanya gak cuma satu tapi banyak, seperti sahut-sahutan. Anj*r. Gue gemeteran hebat. Gue gak sanggup nerusin langkah. Pas gue balik badan, WTF! Tukang nasi goreng yang gue jumpai di awal, ada di depan muka gue. Kapan datengnya gue gak denger. Seketika gue langsung melihat ke arah kaki

Udin memperhatikan gue. Dia kayaknya ngerti apa isi hati gue yang galau.

Saya tunjukin, ya. Mas masih mau melangkah apa engga nantinya, itu terserah mas, kata si Udin. Dia langsung menutup mata gue dengan tangannya, sekitar dua detik. Lalu membukanya lagi. Diapain gue?

Bukti aja. Sekarang saya udah buka mata batin mas. Lihat ke arah lahan itu, kata Udin.

WTF! ITU APAAN? Gue ngeliat banyak banget perempuan berambut panjang sampai ke tanah di atas pohon! Mereka bergelantungan sambil tertawa-tawa! Beberapa ada yang melihat ke arah gue. Wajah mereka berdarah, terluka, bahkan ada yang satu matanya tercongkel! Seketika gue pusing dan hampir pingsan tapi udin berhasil membuat gue tetap terjaga. Lalu Udin melemparkan ayam cemani ke arah kebon tersebut dan mereka memperebutkannya sambil tertawa melengking. Di pagar arah utara gue ngeliat sosok tinggi gede berjalan pelan menghampiri gue dan Udin. Udin segera melempar sosok itu dengan darah ayam cemani dan di dalamnya ditaruh kemenyan. Bunga-bunga kematian juga dilemparkan si udin ke arah lahan begitu pula tampah-tampahnya. Kuntilanak yang jumlahnya puluhan itu seperti berpesta pora. Saat itulah Udin mengajak gue untuk pergi dari tempat itu. Katanya, bermalam di satu rumah warga yang tempatnya gak jauh dari lahan. Lah apa kabar mobil gue?

Udah tinggal aja, ambil saja besok pagi. Nyawa kamu sudah diincar, kata Udin, gue nurut. Gak kerasa si Udin lari sambil megang tangan gue, anj*r. Ah ya sudahlah, momen kepepet. Tangan si Udin sampe dingin banget. Mungkin dia lebih ketakutan daripada gue.

Pintu kontrakan salah satu warga itu terbuka. Dia mempersilahkan gue masuk. Namanya Joko. Joko Segera menutup pintu rumahnya. Joko memasang sebuah tulisan di belakang pintu dengan kalimat yang diambil dari Alquran. Eh si Udin kok gak ikut masuk?

Lupakan Udin. Nih, minum air ini, ya. Kalau ada yang masuk di badan kamu pasti muntah, kata Joko

Gue nurut walaupun masih bertanya-tanya kenapa Udin gak masuk. Mungkin dia mau keliling lagi. Entahlah.

Joko ini kayaknya seumuran gue. Dari namanya gue udah tahu kalau dia orang Jawa. Btw, gue gak muntah jadi gue bersih.

Dari kebon yang itu, ya? Bawa apa? Ayam cemani? Amis darahnya sampai sini, kata Joko lagi. Gue cuma bengong gak ngerti harus ngapain. Malam ini terlalu aneh buat gue. Gue gak bisa ngomong.

Joko mengajak gue ambil wudhu, gue nurut aja sama dia. Setelah itu gue sedikit lega.

Kalau sudah tenang. Biar saya cerita, ucap Joko. Gue ngangguk

Pertama-tama, Joko menyebutkan jika Gusnudin sudah tiada dan yang nganter gue ke tempat Joko adalah jiwanya. WTF! Gue langsung motong pembicaraan kalau Udin pernah gue jumpai sebulan lalu. Iya itu masih belum almarhum. Ngontraknya di belakang saya, tuh. Mau lihat? Joko menawarkan ke gue. Gue menggeleng cepat. Pantesan tangannya dingin.

Menurut info dari Joko, Udin meninggal karena kena guna-guna seseorang. Gue sempat mikir ke Pak Dudung atau Haji A. Tapi Joko menggeleng dan melarang gue untuk buruk sangka ke orang lain. Intinya yang tadi menyelamatkan gue karena jiwanya Udin gak terima kalau gue kenapa-napa. Ya Allah baik banget si Udin. Semoga tenang jiwanya.

Udin sempat cerita sama saya kalau ada yang mau beli lahan itu dan orangnya baik. Gak neko-neko namanya mas J. Saya sempat mendoakan mas J supaya memang bisa membongkar tempat itu karena memang hawanya bukan main. Gelap banget. Tapi ternyata mas J juga belum dikehendaki sama Allah SWT untuk memiliki tempat itu. Kalau sudah dikehendaki, Insya Allah tidak ada halangan. Saya dapat wangsit seperti itu dari mimpi, terang Joko

Joko menyarankan gue mandi sebelum keluar dari rumahnya untuk membersihkan hal-hal yang jahat menempel di badan. Gue nurut aja

Kelar mandi, Joko memberikan gue seperangkat baju koko dan kain sarung. Dia menyarankan baju yang gue pake sampai dalemannya ditaruh di kantung plastik lalu dibakar. Gue nurut lagi aja.

Sayup, azan subuh pun kedengeran. Joko ngajak gue salat. Gue ikut. Lumayan tenang ketika selesai salat.

Kelar Salat, Joko sudah mulai berani membuka pintu kontrakannya. Memang hawanya tak lagi menakutkan seperti tadi. Sudah berbeda. Sambil membuat kopi, Joko menyarankan agar lahan itu dijual kembali. Gak perlu serakah. Lahan itu memang sedang menunggu pembeli aslinya yang bisa membebaskan jiwa-jiwa orang-orang yang ada di dalamnya. Itu bukan sembarang lahan. Siapa orangnya juga sudah disiapkan oleh Tuhan. Tapi bukan mas. Jual lagi saja, semoga yang membeli selanjutnya adalah pilihan Allah untuk keselamatan jiwa-jiwa itu, kata Joko

Gue penasaran kenapa Joko ngerti sampai sebegitunya sementara dia warga pendatang. Joko mengaku terbiasa berkomunikasi dengan mereka yang tak kasat mata. Jiwa-jiwa di lahan tersebut merupakan tumbal seorang dukun sakti yang tinggal di rumah rusak yang ada di dalam lahan perkebunan. Dan bisa ditebak, kuburan itu merupakan kuburan si dukun. Sementara dukun mengkoleksi tumbalnya di dalam sumur. Karenanya tempat itu memang 'penuh' dengan warga astral. Gak ada untungnya memaksakan diri. Kecuali mas memang ingin membangun tempat yang digunakan sebagai sarana ibadah. Mewakafkan tanah itu untuk umat. Beda lagi ceritanya. Arwah-arwah itu juga ingin selamat lewat doa-doa orang soleh, cerita Joko.


Gue pun merenungkan kata-kata Joko. Akhirnya gue memutuskan untuk menjual tanah itu saja tepat pada November 2007. Banyak orang nanya, kenapa gak diwakafin, gue realistis aja. Duit buat beli lahan cukup lumayan kalau gue putar kembali untuk bisnis gue. Beli-beli lahan 1.000 meter persegi masih kejangkau, lah. Toh hasil penjualan 2,5 persennya gak pernah absen gue sedekahin. Namun hingga kini, plang papan Tanah Dijual di depan pagar bambu selalu menghilang. Dipasang lagi, menghilang lagi. Entah mengapa.


genpi.co