13/04/20

Cerita Creepypasta Pokomon The Lost Silver


Aku adalah mahasiswa biasa yang tinggal di sebuah apartemen. Aku sangat antusias saat mendengar berita rilisnya HeartGold/SoulSilver di negaraku. Aku pada dasarnya tidak mengakses semua media dan internet terkecuali untuk keperluan sekolah saja. Itu artinya aku tidak mengenal situs-situs seperti Bulbapedia, Serebii atau POIN.

Karena aku begitu sibuk di hari-hari sekolahku, aku hampir tidak memiliki waktu luang. Aku pun tidak bisa membeli SoulSilver pada tanggal peluncurannya. Setelah liburan datang, aku memesan SoulSilver di situs Amazon (maaf ya, aku bukan pembajak yang memalukan). Meski begitu butuh waktu satu minggu untuk menunggu kiriman itu datang ke rumahku. Selama waktu itu aku lalu memutuskan untuk memainkan kembali versi Crystal pada GameBoy Color milikku.

Kemudian aku ingat bahwa sudah lama ibuku membuang versi Crystal karena aku bilang kalau penyimpanannya sudah rusak. Beliau juga membuang versi Silver milikku, jadi yang kumiliki kini hanya mesin GameBoy Color milikku. Aku lalu memutuskan pergi ke Gamestop untuk membeli versi Silver bekas, karena hanya itulah game Pokemon yang tersisa disana untuk mesin GBC. Harganya sepuluh dollar, cukup murah bagi produk yang dijual di Gamestop.

Aku pulang ke rumah dan mengenang kembali masa-masa bermain versi Silver. Tetapi hal-hal berikutnya mulai terlihat aneh, dan itulah alasan kenapa kalian membaca tulisan ini.

Logo GameFreak muncul secara normal, tapi kemudian berhenti. Kupikir cartridgenya mungkin error atau apalah itu, jadi aku mematikannya dan menyalakannya kembali. Hal yang sama terjadi. Aku mencoba menekan tombol A dan Start dan kemudian semua tombol yang ada. Kemudian logonya hilang dan ada layar hitam kira-kira selama lima detik. Tiba-tiba, bukannya menu biasanya yang muncul melainkan aku sudah berada dalam permainan pada save sebelumnya, yang mana sangat aneh dan membuatku berpikir kalau cartridgenya telah rusak karena baterai yang lemah. Meski begitu aku tidak berkomentar dan memilih option “Continue” untuk melihat apa yang dilakukan oleh pemain game ini sebelum aku.

Pertama aku melihat informasi traiernya. Namanya hanya “...” – Tampaknya dia bingung memberi nama.
Aku melihat profilnya dan tertulis disana kalau dia telah bermain selama 999:99 jam dalam gamenya, dengan 16 badge, 999999 Pokedollar dan semua 251 Pokemon dalam Pokedex.
Mendapati dia sudah mendapatkan Mew dan Celebi, kupikir dia mungkin menggunakan Game Genie atau mungkin dia benar-benar penggemar Pokemon sejati alias maniak Pokemon dulunya.

Aku melihat Pokemon yang dimilikinya, penasaran dengan tim hebat apa yang dimilikinya di dalam party. Tapi ini mengejutkanku saat aku melihat lima Unown dan seekor Pokemon keenam yang dinamai “HURRY”. Aku berpikir ini pasti semacam lelucon yang dibuat oleh orang terakhir yang memainkan game ini, meski begitu aku tetap memutuskan untuk melihat data-data Pokemonnya. Seperti yang aku duga, bentuk huruf dari Unown yang ada berbeda-beda, semuanya level 5. Saat itu aku terkejut dengan kata yang dibentuk dari lima Unown tersebut, yang apabila dieja menjadi

“LEAVE”.

Untuk Pokemon keenamnya ternyata adalah Cyndaquil dengan hanya 1 HP tersisa dan hanya dua jurus yaitu “Leer” dan “Flash”. Aku tidak tahu kenapa dia memberinya nama “HURRY”, tapi saat itu aku tidak setuju dengan pemberian namanya. Hal yang lebih aneh dari itu adalah walaupun volume GBC milikku sudah maksimal, namun tak satupun dari Pokemon yang dimilikinya memiliki cry seperti biasa, semua Pokemon itu diam saja saat aku membuka datanya.

Setelah cukup melihat data tim Pokemon yang dimilikinya, aku pun menutupnya. Ternyata karakter trainerku tengah berdiri di dalam sebuah ruangan yang ada di Bellsprout Tower. Meski begitu anehnya tidak ada satupun NPC atau karakter lain di sekitarnya. Anehnya lagi pilar yang ada di tengahnya tidak bergerak sama sekali, hanya diam saja di tempatnya. Juga tidak ada musik latarnya, dan tidak ada pintu keluar ataupun tangga, atau setidaknya itulah yang kupikirkan.

Aku berjalan berkeliling untuk beberapa menit tapi tak menemukan jalan keluar. Tampaknya ruangan itu bukan ruangan yang kulihat di Bellsprout Tower sebelumnya. Aku lalu mencoba melihat item yang dimiliki, berharap menemukan Escape Rope, tapi bagian dalam tasnya kosong, tidak ada apa-apa. Di sana juga tidak ada Pokemon liar.

Akhirnya aku menemukan sebuah tangga, yang ternyata tersembunyi di balik “pilar”. Layarnya lalu berubah gelap dan musik akhirnya mulai terdengar mengalun. Tiba-tiba aku merasa merinding, saat kusadari bahwa melodi yang kudengar adalah theme yang kalian dengar saat kalian menyalakan radio di Alph Ruins, tempat dimana Unown berada.

Aku segera saja menyadari bahwa itu bukanlah proses transisi loading, tapi lebih pada aku berada di ruangan gelap dan membutuhkan Flash. Sebelum aku memedulikan hal itu, aku segera melihat PokeGear untuk mengganti radio atau sesuatu yang lebih menyenangkan, tapi ternyata tidak ada Radio Card, Phone atau Time Card. Hanya ada sebuah Map Card di mana Gold (yang sebelumnya bernama “...” dan mulai sekarang aku akan menyebutnya Gold) hanya berjalan di tengah kegelapan.

Aku ingat Cyndaquil punya Flash, jadi aku mematikan Pokegearku dan membuat Cyndaquil menggunakan Flash. Aku tidak melihat tulisan mengatakan “HURRY has used Flash!” atau apapun seperti itu. Ruangan menjadi menyala terang, dan kemudian aku menyesalinya. Ruangan itu berwarna merah darah yang menakutkan dengan jalan abu-abu lurus menuju arah selatan (bawah). Tangga yang tadinya aku gunakan untuk naik/turun sudah tidak ada di sana lagi.

Aku tidak punya pilihan lain selain melangkah ke selatan. Layarnya berubah menjadi lebih gelap setiap 20 langkah yang kulakukan, sampai akhirnya aku mencapai ujungnya dimana ada sebuah papan tanda disana. Aku membaca tanda itu, di sana tertulis “TURN BACK NOW”.
Picture

Tiba-tiba aku ditanyai untuk menjawab YES/NO, tetapi tidak ada pertanyaan yang ditanyakan. Aku memilih YES karena aku tidak tahu apa yang ditanyakan dan layar berubah hitam kembali, memunculkan suara “tangga yang sedang dinaiki”. Musik radio Unown berhenti dan dalam beberapa detik kemudian digantikan dengan musik radio PokeFlute yang tidak menakutkan.

Aku berada di ruangan gelap lainnya, tapi aku menahan nafasku dan menggunakan Flash kembali. Tiba-tiba muncul tulisan “HURRY has fainted!” di mana aku ingat bahwa sama sekali tidak ada status condition seperti Poison/keracunan padanya, dan jelas-jelas aku sedang tidak berada dalam pertarungan Pokemon. Aku langsung melihat party Pokemonku dan tiba-tiba Cyndaquil itu tidak ada lagi di dalam party. Kenyataannya setelah sedikit menyelidik, tidak ada Pokemonku di sana, semuanya digantikan dengan Unown level 10. Aku melakukan hal yang sama seperti sebelumnya yaitu melihat bentuk setiap Unown yang ada dan menggabungkannya menjadi satu kata, yang kali ini saat dieja berbunyi “HEDIED”.

Setelah perubahan yang aneh, ruangan menyala terang dan memunculkan diriku di dalam sebuah ruangan kecil yang besarnya hanya empat persegi saja. Dinding ruangan adalah bata-bata berwarna abu-abu, seperti aku berada di dalam sesuatu yang berbayang-bayang. Di luar ruangan itu ada beberapa batu nisan/kuburan yang mirip dengan yang ada di Pokemon Red/Blue. Aku berjalan berkeliling di ruangan kecil itu dan menekan A tapi tidak terjadi apa-apa.

Aku akhirnya menyimpulkan bahwa game ini adalah game hack dan seseorang yang sadistik menjualnya ke Gamestop. Meski begitu rasa penasaranku membuatku terus memainkannya. Aku melihat trainer profile dari “...” lagi dan tampak sprite Gold kehilangan kedua lengannya. Sprite itu terlihat aneh, begitu sedih dan kosong, entah aku tidak tahu bagaimana menguraikannya dalam kata-kata. Anehnya lagi, dikatakan bahwa dia memiliki 24 badge, dimana hal itu jelaslah tidak mungkin.

Setelah beberapa menit bergerak tanpa tujuan, karakterku tiba-tiba berputar seperti animasi berputar saat menggunakan Escape Rope. Bukannya terbang ke atas, karakterku justru terlihat berputar ke bawah perlahan seperti sedang tenggelam.

Setelah layar itu, musiknya berhenti. Setelah akhirnya mendarat, sprite overworld Gold kini berwarna berbeda. Bukannya berwarna merah seperti biasanya, dia kini berwarna putih keseluruhan, termasuk kulitnya. Kelihatannya seperti karakter Game Boy tanpa warna yang ditempatkan pada latar Game Boy Color. Aku melihat profilnya dan sekarang berwarna putih seperti sprite overworldnya, dia kehilangan kakinya dan tampak mengeluarkan air mata darah dari matanya. Dikatakan pula bahwa dia sekarang memiliki 32 badge, yang sekarang membuatku mulai merasa bahwa perubahan angka ini sepertinya mewakili sesuatu yang penting.

Aku juga melihat Pokemon dalam party-ku, di mana kini berisi lima Unown dan Celebi level 100 tanpa nickname. Semua Unown dalam level 15 dan kini bila dieja menjadi “DYING”. Aku melihat data profil Celebi. Itu adalah Celebi shiny namun hanya sebagian saja spritenya yang tampak. Satu kaki, satu lengan, satu mata. Dia hanya memiliki satu jurus yaitu: “Perish Song”.

Area di mana aku berada sekarang adalah Sprout Tower dengan pilar yang tidak bergerak seperti sebelumnya, kecuali segalanya berwarna merah sekarang. Aku berjalan ke utara (atas) yang rasanya begitu panjang seperti tak berujung. Akhirnya aku menemukan beberapa karakter NPC laki-laki dan perempuan seperti biasanya. Mereka berbaris di samping dan sama-sama menghadap ke arah pilar panjang yang ada di tengah. Mereka juga berwarna putih, tak ada yang terjadi saat aku mencoba bicara dengan mereka. Aku terus melangkah ke utara hingga pilar di tengah tampaknya terpotong, dengan karakter/sprite Red transparan berdiri di sana. Aku menghampiri Red dan tanpa menekan A, aku tiba-tiba saja sudah berada dalam pertarungan Pokemon.

Musiknya kembali mengalun, yang kali ini kembali terdengar seperti musik radio Unown, tetapi dimainkan sebaliknya. Sprite belakang Gold sama dengan sprite depannya yang memiliki mata berdarah, kulit putih, tangan putus, sementara sprite Red sama dengan sprite di GSC cuma saja yang ini transparan. Teks yang muncul hanya menyebutkan “wants to battle!” seolah dia tidak memiliki nama dan baik Gold dan Red, keduanya hanya memiliki satu Pokemon saja masing-masing, di mana anehnya aku yakin aku punya enam Pokemon dengan para Unown. Shiny Celebi milikku muncul dengan setengah sprite untuk sprite belakangnya, seperti pada sprite depannya saat aku melihatnya tadi. Suara “Shiny” dan animasinya berbeda, di mana suaranya terdengar seperti serangan “Screech” yang digunakan berkali-kali secara berturut. Red mengeluarkan Pikachu jantan yang normal, kecuali levelnya 255 dan spritenya terlihat sedih dan memiliki air mata di kedua matanya.

Tidak seperti perintah yang biasanya muncul yaitu menu “FIGHT/ITEM/PKMN/RUN”, aku hanya diberikan opsi untuk menggunakan Attack. Karena Celebi hanya memiliki satu saja, maka aku pun menggunakannya. Karena Pikachu memiliki level 255, maka sudah sewajarnya bila dia menyerang terlebih dulu.

“PIKACHU used CURSE!” menurunkan speed-nya dan meningkatkan stat lainnya. Aku bahkan tak percaya kalau Pikachu bisa menggunakan Curse.

“CELEBI used PERISH SONG!” Dalam tiga turn, kedua Pokemon akan KO – aku tidak punya pilihan lain.

Pada titik ini pertarungan berlanjut dan tidak kembali ke menu Fight, bisa dibilang pertarungan berlanjut tanpa campur tanganku. Dan juga tidak ada animasi dalam pertarungan ini.

“PIKACHU used FLAIL!” yang tidak menghasilkan banyak damage karena levelnya dan healthnya sudah maksimal.

“CELEBI used PERISH SONG!” Tidak ada yang terjadi karena itu sudah digunakan sebelumnya.
“PIKACHU used FRUSTRATION!” yang menghasilkan damage cukup telak, menjatuhkan HP Celebi hingga ke bawah 10 HP.

“CELEBI used PAIN SPLIT!” yang mengejutkanku karena Celebi tidak memiliki jurus itu di tempat pertamanya. Kini Celebi dan Pikachu memiliki sekitar 150 HP.

“PIKACHU used MEAN LOOK!” Sepertinya itu akan sia-sia dan tak menghasilkan apapun.

Seperti yang sudah kuduga, sebagai akibat dari Perish Song, Celebiku pun fainted. Namun yang tertulis adalah “CELEBI has died!” dan bukannya animasi jatuh ke bawah layar seperti biasanya yang muncul, yang terjadi justru sprite belakang Celebi menghilang begitu saja. Anehnya, Pikachu masih berdiri di sana padahal ada efek Perish Song yang seharusnya juga membuat Pikachu fainted. Pikachu kemudian menggunakan satu lagi move yang berbeda, menjadikan batas move yang dimilikinya adalah lima, padahal biasanya setiap Pokemon hanya memiliki empat batas maksimal move yang bisa dimiliki.

“PIKACHU used DESTINY BOND!”

Setelah itu tertulis “PIKACHU has died!” dengan animasi menghilang perlahan. Anehnya aku muncul sebagai pemenang dimana sprite transparan Red muncul dan mengatakan “..........”

Pada detik itu aku ketakutan saat sprite transparan Red tiba-tiba kepalanya putus dan hilang, tidak meninggalkan apa-apa kecuali tubuhnya yang transparan. Pertarungan kemudian berakhir bersamaan dengan musik yang lenyap.

Aku kembali di overworld, dengan perubahan lain pada sprite Gold. Dia kini memiliki sprite overworld transparan seperti milik Red. Aku dengan cepat melihat profil Grold dan kali ini yang tersisa hanya kepalanya saja dengan kulit yang transparan. Kepalanya tampak terlihat sedikit besar (di-zoom), menampakkan lubang hitam di matanya seperti pandangan kosong tak bernyawa. Disebutkan bahawa sekarang dia memiliki 40 badge. Aku kembali melihat party Pokemon seperti yang sebelumnya aku lakukan. Kini Unown di dalam party semuanya level 20 dan saat dieja berbunyi

“NOMORE”.

Saat ini aku berada pada situasi yang kupikir sekarang mendekati akhir. Tidak ada musik yang mengalun, tapi entah kenapa aku merasa seperti ada sesuatu yang terdengar. Aku kembali ke kamarku di New Bark Town. Mungkin akhirnya aku bisa memainkan game ini seperti normal biasanya, tapi aku tahu kalau tampaknya hal itu tak mungkin. Aku tahu kalau seseorang yang iseng dan sadisitik pasti telah melakukan sesuatu pada game ini. Aku “berjalan” mengelilingi kamar untuk berinteraksi dengan barang-barang yang ada di sana, di mana aku sedikit takut untuk pergi menuruni tangga dan melihat apa yang menungguku disana. Kenapa aku menuliskan “berjalan” dengan tanda petik adalah karena saat menggerakkan karakter Gold, Gold tidak berjalan dengan kedua kakinya. Sprite Gold terlihat seperti melayang sementara background-nya bergerak. Gold terlihat melayang dan bukan berjalan, seperti hantu-hantu yang kalian lihat di versi Diamond/Pearl.

Seperti yang sudah kuduga, radio, komputer dan TV yang ada disana tidak bekerja sehingga aku tidak punya pilihan lain selain menuruni tangga ke bawah. Aku menuruni tangga dan muncul di lantai bawah rumahku yang sama seperti biasanya. Semuanya tampak normal, kecuali tidak ada ibu di rumah. Setelah gagal untuk mencoba berinteraksi dengan barang-barang yang ada di ruangan ini, aku pun memutuskan untuk pergi keluar. Yang membuatku kaget adalah pintu yang menuju ke selatan (bawah) tidak berfungsi dan aku hanya “berjalan” lurus memasuki bagian gelap dalam permainan.

Aku terus berjalan ke selatan memasuki bagian hitam gelap untuk melihat hal aneh apalagi yang akan terjadi. Rumahku menghilang dan aku terus berjalan ke selatan ke dalam kegelapan. Suasanya tampak menyeramkan saat aku memasuki kegelapan, di mana garis sprite transparan Gold berubah menjadi putih, kontras dengan background yang hitam gelap. Pada akhirnya aku mencapai area putih dan garis sprite Gold menjadi hitam dan transparan lagi. Aku terus melangkah ke selatan tanpa berpikir untuk berhenti.

Setelah melalui perjalanan panjang ke selatan akhirnya aku menemukan sesuatu. Yang kutemukan adalah sprite normal Gold. Aku pun berbicara dengannya dan dia mengatakan “Good bye forever....” (mungkin dengan spasi di antara the forever dan ....), lalu kemudian menghilang. Setelah itu terjadi, muncul tulisan “??? Used NIGHTMARE” di mana pada titik itu aku tak menolak hal itu mungkin terjadi. Gold berputar, melakukan animasi Escape Rope lagi, berputar ke bawah perlahan seperti sebelumnya.

Sekarang aku kembali pada ruangan kecil menakutkan yang dikelilingi batu nisan seperti sebelumnya. Atau setidaknya aku mengatakan aku kembali ke sana, karena sudah tidak ada sprite Gold lagi di sana. Aku mencoba berjalan berkeliling tetapi tak ada satupun yang bergerak – bahkan suara seperti menabrak dinding pun tak terdengar. Aku melihat trainer profile milikku dan di sana sudah tidak ada lagi sprite Gold yang tersisa. Disebutkan bahwa aku memiliki 0 badge dan semua gambar gym leader Johto di bagian bawah digantikan dengan gambar tengkorak.
Aku melihat pada party Pokemonku, dimana disana semua Unown levelnya 25. Seperti yang kuduga, bentuk Unown itu bila disatukan menjadi sebuah kata yang aku takut untuk membacanya. “IMDEAD”.


Segera kemudian aku kembali ke overworld, di ruangan yang kupikir dipenuhi dengan balok-balok yang menjadi dinding. Aku kemudian menyadari ruangan apa sebenarnya itu ketika teks terakhir berbunyi: “R.I.P. ....”

Ruangan itu adalah kuburan besar, yang dikelilingi oleh kuburan lainnya. Gold sudah mati. Dia mati kemungkinan beberapa tahun setelah dia mengalahkan Red.

Dia adalah trainer muda yang berusaha keras untuk mengumpulkan sebanyak mungkin badge dan mencoba untuk menjadi Pokemon Master, namun begitu dia tetap tidak dapat menghindari takdir akan kematian, dan usahanya tersebut pada akhirnya terlupakan oleh generasi berikutnya.

Aku tidak bisa pergi beralih dari teks itu walaupun aku sudah menekan tombolnya. Aku mencoba mengulang gamenya dan hal yang sama muncul, hingga pada akhirnya aku memutuskan untuk menyerah pada mimpi buruk itu.

Setelah pengalaman itu, aku tak pernah lagi melihat “hadiah” Unown itu seperti yang sebelumnya aku lakukan. Mereka bilang hanya generasi pertama saja yang memiliki mitos-mitos dan legenda, tapi generasi kedua menunjukkan padaku betapa tidak menyenangkannya kebenaran itu. Pada akhirnya aku menikmati bermain game SoulSilver, meski aku masih tidak habis pikir pada sebuah game aneh yang pernah kutemukan itu.... Lost Silver.