22/04/19

The Treasure Guard Spriggans


spesies yang bisa dengan bebas mengubah ukurannya dari kecil ke besar. Mereka pada dasarnya spesies yang baik dan Spriggans yang jahat sangat langka. Konon, baik Spriggans yang baik maupun yang buruk tidak terkendali saat mereka mengamuk.

Spriggan adalah makhluk peri dari Cornish dan cerita rakyat Inggris

Spriggans,
digambarkan memiliki muka yang jelek,biasanya berbadan kurus dengan kulit keriput, bentuk kakinya menyerupai kaki katak. Lengan mereka menjuntai sampai lutut dan mereka memiliki 6 jari , kepalanya berukuran besar, matanya bersinar merah atau kuning. Meskipun ukuran badannya kecil mereka memiliki kemampuan merubah ukuran badannya menjadi besar

(Behavior) Mereka menyebabkan kerusakan kepada siapa saja yang menyinggungnya, mengirim badai ke lahan pertanian, dan kadang-kadang menculik anak manusia.

Spriggans ditemukan di reruntuhan tua dan di timbunan tanah, mereka menjaga harta karun dan umumnya bertindak sebagai peri pengawal. Salah satu trik umum mereka adalah memimpin wisatawan yang tersesat ke rawa atau ke dekat tebing yang berbahaya, faktor ini memiliki kesamaan dengan Will o 'the Wisp.

Spriggans dapat memperbesar ukuran badannya menjadi ukuran raksasa. Beberapa orang bahkan percaya mereka berubah menjadi hantu raksasa, yang pernah dianggap menjelajahi Cornwall (salah satu daerah di Inggris) dari waktu ke waktu.

***

Hikayat Spriggans si penjaga harta karun "Seorang Tinner dari Lelant bermimpi, bahwa kuali dari emas dikuburkan di tempat tertentu antara batu-batu besar di dalam benteng, pada bukit Trecroben. Malam berikutnya sinar bulan terlihat jelas dia lalu menggali tanah yang ia impikan. Setelah bekerja dua atau tiga jam ia datang ke batu datar yang terlihat berongga, sementara ia sedang menggali, cuaca tiba-tiba menjadi gelap, angin menderu , dan ketika ia melihat ke atas, ia melihat ratusan spriggans jelek keluar dari tengah-tengah batu berkumpul di sekitarnya dan mendekatinya. Pria itu berlari menuruni bukit dan menuju rumah secepatnya. ia mengambil tempat tidurnya dan tidak meninggalkannya selama berminggu-minggu.

Ketika selanjutnya ia mengunjungi benteng ia menemukan semua lubang telah tertutupi rumput , dan ia tidak lagi menggali harta itu lagi 'Dari Tradisi William Bottrell dan cerita Hearthside Barat Cornwall"

***
Game : Elder Scrolls
Spriggan muncul dalam game seri RPG expansion Elder Scrolls III: Morrowind, The Elder Scrolls IV: Oblivion dan Elder Scrolls V: Skyrim. tapi di game ini Spriggan lebih terlihat seperti dryad dan wood spirits daripada peri. Dalam Elder Scrolls IV : Oblivion, Spriggans dapat memanggil beruang dan makhluk hutan lainya.




Manga/Anime : Sword Art Online
Main Char di manga dan anime SAO (Kirito) mengambil bentuk Spriggan di Alfheim Online. Spriggans disini dikatakan dapat mengendalikan ilusi dan ahli dalam mencari harta karun, tetapi hal tersebut tidak cukup membantu dalam pertarungan, di dalam anime/manganya Kirito memanfaatkan ilusi untuk bertransformasi menjadi raksaksa dalam menghadapi pertempuran.

***
SC : https://www.kaskus.co.id/thread/51680f22631243ed26000002/spriggan-peri-penjaga-harta-karun/